Pilihan Kami

SiteGround Review

March 5, 2019

Kali ini saya akan mengulas salah satu provider hosting yang dalam beberapa tahun ini popularitasnya meningkat dengan sangat pesat. Provider hosting itu bernama SiteGround.

Mengapa saya mengulas SiteGround? Itu karena mereka adalah satu-satunya provider hosting yang secara resmi direkomendasikan di banyak platform blogging populer dan telah sering terpilih sebagai provider hosting terbaik di berbagai polling komunitas-komunitas hosting di media sosial.

Dalam review ini, saya akan membedah SiteGround dengan sangat detail mulai dari performa, fitur, support hingga paket harga yang dimiliki. Sehingga Anda bisa memutuskan apakah provider hosting ini tepat untuk kebutuhan website Anda atau tidak.

Sekilas Mengenai SiteGround

SiteGround didirikan di Sofia, Bulgaria pada tahun 2004 oleh sekelompok mahasiswa dari kamar asrama mereka. CEO & Founder SiteGround, Tenko Nikolov mengatakan visi mereka adalah untuk menghadirkan provider hosting yang bisa memberikan lebih banyak support kepada pelanggan daripada provider hosting umumnya yang ada saat itu. Semua usaha mereka tidak sia-sia, SiteGround telah berhasil menjadi salah satu provider hosting dengan layanan support terbaik di dunia. Saat ini SiteGround memiliki lebih dari 400 orang karyawan dan hampir setengahnya bekerja di bagian customer support.

Selain itu, SiteGround selalu tetap independen dan melakukan semua pengembangan dengan caranya sendiri – tanpa diakuisisi oleh organisasi internasional. Dan ini membuahkan hasil yang positif bagi mereka.

Pertumbuhan SiteGround dalam beberapa tahun ini sangat mencengangkan. Di awal tahun 2016 mereka hanya menghosting sekitar 500ribu website, tapi di akhir tahun 2018 mereka telah berhasil menghosting lebih dari 1,9juta website yang mana ini hampir 4x lipat peningkatan hanya dalam kurun waktu 2 tahun. Mereka berhasil menjadi salah satu provider hosting terpopuler dalam beberapa tahun ini.

Rekomendasi WordPress, Joomla dan Drupal

SiteGround menjadi satu-satunya provider hosting yang direkomendasikan secara resmi oleh 3 platform blogging terpopuler sekaligus.

WordPress…

SiteGround Direkomendasikan WordPress

Joomla…

SiteGround Direkomendasikan Joomla

Dan Drupal…

SiteGround Direkomendasikan Drupal

#1 di Berbagai Polling Facebook

WordPress Hosting merupakan sebuah grup tertutup Facebook dengan lebih dari 10.000 anggota yang hanya berfokus pada WordPress hosting.

Setiap tahun para anggotanya diminta untuk memilih provider hosting pilihan mereka. Bisakah Anda menebak provider hosting mana yang mendapatkan suara terbanyak?

Betul! SiteGround telah terpilih sebagai #1 web hosting selama tiga tahun berturut-turut (#1 dalam polling 2018, #1 dalam polling 2017 dan #1 dalam polling 2016). Ini secara total melibatkan lebih dari 500 voter yang mahir dalam bidang web hosting.

SiteGround juga mendapatkan peringkat #1 di banyak polling lainnya yang dilakukan oleh berbagai grup web hosting di Facebook (Anda dapat mengklik setiap gambar untuk melihat pollingnya).

SiteGround Polling Facebook 1 SiteGround Polling Facebook 2 SiteGround Polling Facebook 3 SiteGround Polling Facebook 4 SiteGround Polling Facebook 5

A+ Feedback Dari Banyak Diskusi Facebook

Selain memenangkan banyak polling, di berbagai diskusi ada banyak sekali pengguna yang merekomendasikan untuk menggunakan SiteGround.

SiteGround Feedback Facebook 1 SiteGround Feedback Facebook 2 SiteGround Feedback Facebook 3 SiteGround Feedback Facebook 4 SiteGround Feedback Facebook 5

Ivica Delic, seseorang yang menjalankan grup tertutup Facebook bernama WordPress Speed Up memberi SiteGround peringkat #1 di halaman resource-nya. Ivica bukanlah seorang afiliasi atau disponsori oleh SiteGround, dia hanyalah seorang pelanggan yang sudah bertahun-tahun menggunakan layanan mereka.

SiteGround Feedback Facebook 6 SiteGround Feedback Facebook 7

Skor Sempurna Dari Banyak Situs Review Top

Terlepas dari banyak polling yang dilakukan di berbagai komunitas web hosting di media sosial, SiteGround juga mendapatkan skor dan peringkat yang sempurna dari banyak situs review web hosting terpercaya seperti HostAdvice, HostSearch, Trustpilot, dll (Anda dapat mengklik setiap gambar untuk melihat ulasannya).

SiteGround HostAdvice Review SiteGround WebHostingGeeks Review SiteGround HostSearch Review SiteGround Trustpilot Review

Kunjungi SiteGround

 

back to menu ↑

Kualitas dan Performa

Teknologi Speed yang Mutakhir

Teknologi speed yang digunakan oleh SiteGround menjadi salah satu alasan utama mengapa orang-orang memilih mereka. SiteGround menggunakan kombinasi yang kuat dari teknologi-teknologi speed terbaru seperti SSD drive, server NGINX, HTTP/2, PHP7+, dan Cloudflare CDN. Sederhananya, jika Anda menghosting website Anda di server mereka, maka itu akan membuatnya dapat dimuat dengan super cepat!

SiteGround Teknologi Speed

Dan juga jangan lupa untuk selalu menggunakan Supercacher dan plugin SG Optimizer mereka yang tentunya akan mampu meningkatkan kecepatan website Anda secara signifikan. Selain itu, juga ada HHVM yang memiliki kecepatan pemrosesan lebih cepat dibandingkan PHP7+, namun sayangnya fitur ini hanya tersedia di paket hosting Cloud.

Video berikut ini menjelaskan bagaimana SiteGround bisa meningkatkan kecepatan website Anda secara signifikan:

Rata-Rata Uptime yang Mengesankan (99,99%)

Berbicara mengenai kualitas dari sebuah hosting, maka hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah rata-rata uptime dari hosting tersebut. Uptime adalah waktu dimana server hosting sedang online dengan baik, memiliki realibilitas, stabilitas, tanpa menunjukkan gejala crash dan tentu saja tidak down (offline).

Hampir semua provider hosting memberikan garansi uptime diatas 99%, ada yang 99,90%, 99,95%, bahkan ada yang menjamin hingga 100%.

Tahukah Anda?
Rata-rata uptime 99% menunjukan bahwa website Anda akan mengalami down (website tidak bisa diakses) selama 7 jam 18 menit 17,5 detik dalam 1 bulan.

Namun, apakah semua garansi uptime itu benar? Mungkin IYA mungkin TIDAK. Karena hampir semua provider hosting hanya menggaransi uptime tanpa menunjukan data yang benar-benar akurat tentang rata-rata uptime mereka setiap bulannya.

Saya pun penasaran dan ingin menguji uptime yang sebenarnya dari website yang dihosting di SiteGround dengan menggunakan tool monitoring Pingdom.

Dan hasilnya, SiteGround mencatat waktu rata-rata uptime yang sangat mengesankan selama 6 bulan, yaitu 99,99%. Salah satu yang terbaik dalam industri saat ini.

SiteGround Tes Uptime

Dalam 6 bulan terakhir, server mereka hanya mengalami downtime selama 22 menit saja dengan 9x outages.

Rata-Rata Load Time Sangat Cepat (470ms)

Hal lain yang juga tak kalah pentingnya dan harus menjadi pertimbangan utama dalam menilai kualitas dari sebuah hosting adalah load time.

Load time merupakan waktu rata-rata yang dibutuhkan oleh pengunjung untuk membuka suatu halaman website. Semakin cepat load time menunjukkan kualitas hosting yang semakin bagus.

Apalagi untuk saat ini kecepatan website menjadi sebuah perkara yang lebih penting dari sebelumnya. Alasan utamanya adalah Google mulai memperhitungkan kecepatan website sebagai salah satu faktor penting dalam algoritma mesin pencarinya untuk menentukan peringkat dari sebuah website.

Selain itu, load time yang cepat tentunya akan memberikan dampak psikologis yang baik bagi para pengunjung website karena pengunjung akan dapat melihat konten website dengan lebih cepat tanpa harus menunggu lama. Namun, apabila load time lama atau lelet, seringkali pengunjung akan mulai merasa kesal dan memutuskan untuk menutup website yang dituju sebelum proses loading halaman website selesai. Bahkan, bisa jadi pengunjung tersebut tidak akan berniat kembali untuk membuka halaman website tersebut.

Saya sendiri telah menguji load time website yang dihosting di SiteGround dengan menggunakan tool Pingdom dan mendapati hasil 470ms, yang mana hasil ini sangat bagus dan menunjukan bahwa server SiteGround sangat cepat dan salah satu yang tercepat di dunia.

SiteGround Tes Load Time

Banyak pemilik website yang bermigrasi ke SiteGround mendapatkan peningkatan kecepatan signifikan:

SiteGround Speed Feedback Twitter

Rata-Rata Waktu Respon Server Dibawah 200ms

Waktu respon server adalah waktu yang digunakan web server untuk menanggapi permintaan dari browser.

Dengan kata lain waktu respon server adalah waktu yang dibutuhkan oleh server untuk menerima dan melakukan request dari client.

Jadi, mau seringan apapun template yang Anda gunakan, mau seoptimal apapun website Anda, jika respon server lambat, maka tetap saja halaman website Anda akan lambat dimuat.

Google sendiri menyarankan waktu respon server tidak melebihi 200ms.

Berdasarkan data Bitcatcha, rata-rata waktu respon server website yang dihosting di SiteGround adalah 146ms.

SiteGround Tes Bitcatcha

Untuk server bagian US (W & E) memiliki waktu respon server 53ms dan 1ms, artinya pengunjung yang berasal dari Amerika Serikat akan dapat membuka website dengan lebih cepat (sangat cepat).

Kunjungi SiteGround

 

back to menu ↑

Fitur yang Ditawarkan

Penyimpanan Fleksibel

Dengan paket StartUp seharga $3.95 per bulan, Anda sudah mendapatkan sumber daya yang cukup memadai dengan kapasitas penyimpanan SSD 10GB.

Semakin mahal paket hosting yang Anda pilih, semakin besar pula kapasitas penyimpanan yang akan Anda dapatkan. Namun tidak ada pilihan paket hosting bahkan yang termahal sekalipun yang memberikan penyimpanan unlimited.

Bandwith Unlimited

SiteGround memberikan fasilitas bandwith tak terbatas atau unlimited untuk semua paket hostingnya.

Namun perlu diingat, kata “unlimited” disini adalah bahasa marketing, artinya SiteGround tidak akan menetapkan batas khusus untuk bandwith, Anda dapat menggunakannya sebanyak yang dibutuhkan, tapi dengan tetap menggunakan kebijakan penggunaan yang adil (Fair Usage Policy) yang berlaku untuk semua akun.

Tambahan Domain (Add-on Domain)

Add-on domain merupakan fitur yang memungkinkan Anda bisa menambahkan domain baru selain domain utama yang sudah ada di dalam paket hosting Anda, sehingga Anda bisa meletakkan beberapa domain dalam satu akun hosting.

Fitur ini sangat dibutuhkan mengingat harga domain cukup murah (.com hanya sekitar $13.95), maka sangat umum bagi kebanyakan orang untuk memiliki banyak domain. Dan jika Anda harus membeli hosting untuk tiap domain yang Anda miliki, maka biayanya bisa sangat mahal.

Itulah pentingnya memiliki hosting dengan fitur add-on domain ini, dimana satu akun hosting tersebut bisa dijadikan tempat atas beberapa domain Anda tersebut.

SiteGround memberikan tawaran yang cukup menarik, 1 domain untuk paket StartUp, dan unlimited add-on domain untuk paket hosting di atasnya.

Akun Email Unlimited

Tidak hanya bandwith yang serba unlimited tapi Anda juga dimanjakan dengan akun email unlimited untuk semua paket hosting.

Namun perlu diperhatikan, SiteGround memberikan batasan jumlah kirim email per jam maksimal 400 email untuk paket StartUp & GrowBig, 800 email untuk paket GoGeek. Jumlah ini sudah lebih dari cukup, kecuali jika Anda memang menjalankan bisnis besar yang memiliki pelanggan email sangat banyak, saya sarankan Anda untuk menggunakan solusi paket hosting khusus email mereka.

PHP Versi Terbaru

Alasan paling penting menggunakan PHP versi terbaru adalah karena memiliki performa yang lebih cepat dan bugs-bugs keamanan yang lebih sedikit dibandingkan dengan versi sebelumnya.

PHP Version Request Per Second

Anda selalu bisa mengandalkan SiteGround untuk mengintegrasikan PHP versi terbaru ini. Sampai saat saya terakhir menulis review ini, SiteGround telah mendukung PHP 7.3.

SuperCacher + SG Optimizer

SiteGround SuperCacher dan plugin SG Optimizer bekerja sama untuk melakukan proses caching website Anda (static, dynamic, memcache). Fitur ini memungkinkan Anda untuk membersihkan dynamic cache ketika konten diperbarui, mengkonfigurasi HTTPS untuk selalu menggunakan SSL (jika berlaku), dan menjaga website Anda untuk selalu menggunakan PHP versi terbaru.

– Apa itu SuperCacher?

SuperCacher adalah layanan caching website yang dikembangkan sendiri oleh SiteGround untuk digunakan di server hosting mereka. Fitur ini terletak di depan server website Anda (misalnya Apache). Jadi, setiap kali browser meminta untuk memuat halaman website dari server web SiteGround, server web tersebut akan mengembalikan hasil HTML ke browser dan cache menyimpan duplikat halaman yang sama. Sehingga ketika browser meminta untuk memuat lagi halaman tersebut, permintaan akan dilayani oleh cache secara langsung, sementara server web tak perlu melakukan proses apapun.

Cache diketahui dapat mengurangi dampak traffic yang besar terhadap kecepatan website Anda secara signifikan dengan cara menghemat sumber daya server hosting Anda. Ini tentunya akan menjaga website Anda untuk dapat selalu dimuat dengan cepat.

SuperCacher cukup fleksibel, karena memiliki beberapa lapisan caching yang tersedia dan kemungkinan akan bertambah lagi di masa mendatang.

SiteGround Supercacher

HHVM hanya tersedia untuk paket hosting Cloud.

– Apa itu SG Optimizer?

SG Optimizer adalah plugin yang dibuat khusus untuk menghubungkan situs WordPress Anda dengan layanan milik SiteGround. Plugin ini tidak akan berfungsi pada provider hosting lain.

SG Optimizer memiliki beberapa bagian yang berbeda untuk mengelola optimasi performa website Anda secara spesifik: SuperCacher Config, HTTPS Config dan PHP Config. Tapi menurut saya pribadi, bagian yang paling penting adalah kemampuan untuk dapat memperbarui PHP ke versi terbaru secara otomatis.

SG Optimizer WordPress Plugin

Keamanan Server Terjamin

SiteGround memang jenius dalam hal teknologi web hosting, mereka memberikan apa yang bisa dibilang layanan keamanan terbaik. Untuk melindungi website Anda dari serangan luar, server mereka ditanamkan software khusus buatan mereka sendiri yang telah disiapkan untuk menangani malware dan melakukan scanning virus secara berkala. Ini tidak seperti provider hosting lain yang melakukan proses scanning hanya sehari sekali atau seminggu sekali.

SiteGround Fitur Keamanan

– Proteksi Melawan Hacking

Selain itu, SiteGround memiliki pengaturan sistem isolasi akun khusus yang mampu memproteksi website Anda dari peretasan ketika website orang lain yang berada satu server dengan website Anda telah diretas. Jadi, dengan memilih SiteGround sebagai hosting Anda, maka dapat dipastikan bahwa website Anda tidak akan mengalami masalah seperti peretasan/hacking.

– Anti-Bot AI Tingkat Lanjut

SiteGround baru-baru ini telah mengembangkan anti-bot AI canggih yang berfungsi untuk melindungi semua website pelanggan mereka dari serangan brute-force.

Sistem pencegahan bot baru ini telah memberikan hasil yang luar biasa karena berhasil memblokir sebanyak 2 juta serangan di server mereka. Sistem ini tidak hanya berfungsi untuk melindungi website, tapi juga untuk membebaskan sumber daya server yang kemudian dapat digunakan oleh pengguna.

Sistem AI ini bekerja dengan cara memonitor semua server SiteGround secara bersamaan dan menganalisis data secara mendalam. Berdasarkan hasil tersebut, sistem akan melakukan tindakan sendiri secara otomatis untuk menghentikan bot jahat. Beberapa indikasi yang dimonitoring oleh sistem AI diantaranya:

  • Kegagalan proses login
  • Berapa banyak koneksi bersamaan terjadi untuk URL yang berbeda
  • Kelemahan DDoS yang sudah dikenali dari berbagai aplikasi
  • Berbagai jenis permintaan yang terkait dengan serangan DDoS
  • Daftar user-agent blacklist yang terus diperbarui

Ketika sistem AI memutuskan bahwa sebuah alamat IP berbahaya, sistem AI akan memblokirnya dan memberikan autentifikasi berupa halaman Captcha. Jika captcha tersebut berhasil diselesaikan, artinya itu memang manusia dan bukan bot jahat, maka alamat IP tersebut akan dimasukkan ke daftar whitelist. Dan sistem AI akan terus-menerus belajar dari situasi ini sehingga dapat mengurangi tingkat positif palsu yang mungkin terjadi.

– Layanan Keamanan Tambahan

Fitur keamanan tambahan canggih lainnya yang disediakan oleh SiteGround adalah SG Site Scanner (kolaborasi antara SiteGround dan Sucuri) yang berfungsi untuk menganalisa seluruh aspek keamanan website secara mendalam lalu melaporkan hasilnya melalui email secara berkala. Untuk dapat menggunakan fitur ini Anda harus membayar $1.65 per bulan.

Kemudian dari sisi keamanan fisik, ada beberapa tindakan perlindungan yang dilakukan di data center diantaranya monitoring server 24 jam, sistem pendingin, power supply tanpa gangguan, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, mereka juga memiliki komponen pengganti untuk setiap bagian server bahkan server pengganti utuh guna memastikan performa server mereka tidak pernah mengalami gangguan untuk waktu yang terlalu lama.

cPanel yang Lengkap

Hosting yang bagus haruslah memiliki kontrol panel yang user friendly sekaligus fungsional mengingat dua hal ini merupakan faktor utama yang menentukan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan pengaturan di dalam sebuah hosting.

Preferensi hampir semua pengguna hosting adalah cPanel, karena merupakan kontrol panel paling user friendly sampai saat ini – sekaligus menjadi kontrol panel yang paling umum dan terbiasa digunakan oleh kebanyakan orang serta memiliki semua fungsi yang dibutuhkan.

Antara provider hosting yang satu dengan yang lain sering memiliki fitur cPanel yang berbeda. Hal ini tergantung dengan fasilitas yang memang disediakan oleh provider hosting tersebut kepada penggunanya.

Saya sudah mencoba cPanel dari SiteGround. Sekilas cPanel yang dimiliki oleh SiteGround menggunakan antarmuka cukup sederhana. Hal tersebut dikarenakan cPanel mereka menggunakan tema versi x3 yang telah dikustomisasi. Tapi jangan salah, kesederhanaan tersebut rupanya tidak sesederhana fasilitas yang ada.

SiteGround cPanel

cPanel SiteGround memiliki fasilitas yang memang boleh dikatakan cukup lengkap. Fasilitas standar seperti Domain Manager, File Manager, FTP, DNS Editor, Redirect, CronJobs, dan sebagainya telah tersedia lengkap dan tersusun sesuai kategori. Fasilitas SSL/TLS Manager dan SSH juga dapat diakses dengan mudah melalui cPanel.

Nilai plus saya berikan dengan kehadiran beberapa fasilitas tambahan yang sangat membantu pengguna dalam membangun dan melakukan optimasi website. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya adalah Softaculus, Cloudflare, Staging, Auto Backup, Email Auto Responder, dan masih banyak lagi.

Weebly Website Builder

Weebly Site Builder Editor

Weebly adalah salah satu website builder terbaik yang tersedia saat ini. Di SiteGround, fitur ini sudah terpasang secara default.

Web builder ini sangat mudah digunakan dan memiliki banyak sekali fungsi. Anda dapat memilih salah satu template dari stok yang disediakan atau mengunduhnya dari desainer pihak ketiga.

Gratis SSL

Walaupun website Anda bukan tergolong situs belanja online, menggunakan SSL cukuplah penting. Lalu apa itu sebenarnya SSL?

SSL (Secure Sockets Layer) adalah cara sebuah website membuat sambungan aman dengan browser pengguna. Setiap kali seorang pengunjung mengunjungi situs yang aman yang menggunakan teknologi SSL akan menciptakan sebuah link terenkripsi antara sesi browser mereka dan web server. SSL merupakan standar industri untuk komunikasi web yang aman dan telah digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online setiap harinya.

Selain untuk keamanan, Google telah mengumumkan bahwa penggunaan SSL juga akan berdampak pada SEO website. Banyak pemilik website yang sudah menggunakan SSL mengungkapkan bahwa dampaknya cukup signifikan dimana website mereka lebih mudah masuk ke halaman pertama Google dan meninggalkan website lain yang belum memiliki sertifikat SSL.

SiteGround menyediakan SSL gratis untuk semua paket hostingnya. SSL gratis yang mereka gunakan adalah Let’s Encrypt, sebuah perusahaan nirlaba yang menyediakan sertifikat SSL gratis untuk semua website.

Dengan adanya sertifikat SSL yang diaktifkan, secara visual website Anda akan memiliki tanda secure berwarna hijau di bagian address bar browser. Hal ini menandakan komunikasi antara website (server) dengan browser (klien) telah berhasil terenkripsi dengan baik dan tidak mudah dibobol oleh pihak lain.

HostingJuara Sertifikat SSL

1-Click Script

SiteGround dilengkapi tool Softaculous Apps Installer dengan berbagai macam CMS yang siap untuk diinstall. Tak tanggung-tanggung lebih dari 300 script web tersedia mulai dari WordPress, Joomla, Drupal, OpenCart, PrestaShop, Magento, Moodle, dan masih banyak lainnya. Fitur ini tentunya sangat membantu bagi Anda yang ingin memiliki website namun tidak bisa melakukan coding atau membangun website sendiri secara manual.

SiteGround Softaculous

Dengan menggunakan Softaculous ini, hampir semua jenis website dapat Anda bangun hanya dengan 1-klik. Jika Anda memang benar-benar awam dan bingung memilih script web apa yang ingin diinstall, maka Anda tinggal memilih script web berdasarkan kategori yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya jika Anda menginginkan website pribadi, maka Anda bisa memilih kategori Blogs. Atau jika Anda mau membangun sebuah toko online, maka Anda bisa memilih script web dari kategori E-Commerce.

Setelah melakukan proses instalasi script web yang dipilih melalui Softaculous, langkah selanjutnya Anda hanya perlu melakukan kustomisasi terhadap tampilan website sesuai dengan keinginan Anda.

Keuntungan lain selain Anda tidak perlu membangun website secara manual, fitur ini tentunya akan juga menghemat waktu dan biaya. Instalasi script web melalui Softaculous ini memang sangat cocok jika Anda ingin membangun typical website secara instan.

Backup Website

Anda pasti memahami betapa pentingnya membuat backup data dari website Anda. Jika tidak, Anda beresiko kehilangan baik data statis maupun dinamis, beberapa diantaranya mungkin tidak tergantikan.

SiteGround melakukan backup harian untuk semua website klien mereka, sehingga ketika terjadi suatu kesalahan atau Anda perlu mengambil kembali data Anda karena suatu alasan, Anda dapat menghubungi customer support mereka dan mendapatkan data backup yang dibutuhkan.

Anda akan mendapat salinan backup harian gratis (hanya satu backup setiap hari untuk paket StartUp) dari website Anda sementara layanan backup dan restore website otomatis (hanya tersedia untuk paket GrowBig & GoGeek).

SiteGround Fitur Backup

Backup hosting bisa dibilang mirip dengan asuransi website. Kesalahan pengguna, peretasan, file yang terhapus, atau kesalahan pembaruan website, semuanya dapat diselesaikan secara instan dengan fasilitas backup restore ini.

Anda dapat membuat dan mengembalikan backup secara instan hanya dengan 1-klik menggunakan tool Backup Restore yang ada di cPanel.

SiteGround Backup Restore Tool

CronJobs, Htaccess, FTP & SSI

4 fitur ini merupakan fitur yang sangat penting dimiliki oleh sebuah hosting. Oleh karena itu, hosting yang bagus pasti mempunyai 4 fitur ini secara default.

  • CronJobs – Fitur yang diperlukan untuk melakukan operasi harian di website Anda.
  • Htaccess – Mengakses fitur keamanan tambahan, menambahkan fitur redirect halaman, atau untuk tujuan lainnya.
  • FTP (File Transfer Protocol) – Memudahkan transfer file dari server hosting ke komputer Anda atau sebaliknya.
  • SSI (Server Side Includes) – Sebuah sistem perintah yang biasanya disematkan dalam HTML yang akhirnya diproses oleh server pada saat diakses oleh pengunjung.

Untungnya SiteGround melengkapi semua paket hostingnya dengan 4 fitur penting ini.

Auto Managed WordPress Hosting

WordPress merupakan CMS paling populer saat ini dan digunakan untuk berbagai jenis website mulai dari personal blog, corporate website hingga eCommerce. WordPress sukses menjadi CMS yang paling banyak digunakan karena kemudahannya dalam hal kustomisasi dan tersedianya banyak tema dan plugin untuk membuat website sesuai keinginan.

SiteGround di situsnya menawarkan salah satu fitur spesial (yang mana tidak semua provider hosting menawarkan fitur ini), yaitu managed WordPress hosting di semua paket shared hosting mereka.

SiteGround WordPress Hosting

Fitur khusus WordPress yang ditawarkan ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya:

  • Peluncuran Cepat WordPress – Tersedia fitur instalasi WordPress otomatis dan WordPress Starter yang unik dan powerful untuk membuat situs WordPress yang fungsional dengan mudah hanya dalam hitungan menit.
  • Gratis Transfer WordPress – Migrasi situs WordPress hanya dengan beberapa klik saja menggunakan plugin SiteGround Migrator. Layanan transfer website profesional juga tersedia gratis untuk paket GrowBig & GoGeek.
  • Pengelolaan Keamanan & Pembaruan – SiteGround mengelola keamanan website di tingkat server dan aplikasi. Mereka secara otomatis memperbarui situs WordPress beserta plugin-pluginnya ke versi terbaru dan menambal celah keamanan umum yang terkait dengan WordPress melalui server firewall khusus mereka.
  • Pengoptimalan Performa WordPress – Memberikan solusi performa WordPress komprehensif yang secara signifikan mampu mempercepat situs WordPress dengan cara mengoptimalkan penggunaan sumber daya server, mencakup caching yang powerful, optimasi sisi front-end dan gambar, kontrol versi PHP, dan masih banyak lagi.

Dengan fasilitas selengkap ini, pantas saja telah banyak pengguna yang mengandalkan SiteGround sebagai hosting situs WordPress mereka karena menurut saya pribadi memang sangatlah menarik.

Fitur eCommerce

Aplikasi eCommerce canggih seperti Magento yang menjadi platform pilihan banyak situs toko online populer, proses instalasinya bisa menjadi sangat rumit dan bermasalah jika Anda tidak paham secara teknis.

Untungnya, SiteGround menghilangkan kerumitan ini dengan membuat sebuah fitur khusus yang memudahkan Anda untuk memilih dari 36 aplikasi eCommerce terbaik dan menginstalnya hanya dengan 1-klik.

SiteGround Fitur eCommerce

Tersedia juga beberapa fitur tambahan untuk keamanan platform eCommerce yang lebih baik diantaranya:

  • SSL Let’s Encrypt – Memberikan sertifikasi SSL untuk mengamankan transmisi data di website Anda. Tersedia untuk semua paket hosting.
  • SSL Wildcard – Memberikan sertifikasi SSL untuk website Anda beserta seluruh subdomainnya. Tersedia untuk semua paket hosting.
  • PCI Compliance – Menghindari penipuan kartu kredit dengan cara menyatukan pembayaran menggunakan 12 persyaratan. Tersedia hanya untuk paket GoGeek.

Integrasi CDN

SiteGround menyediakan fitur integrasi Cloudflare CDN gratis untuk semua paket hostingnya.

Dengan Cloudflare, data dan konten dari website Anda akan dicache di server global mereka, kemudian konten tersebut akan dikirimkan ke pengunjung website Anda dari lokasi terdekat mereka. Dan hasilnya, waktu pengiriman konten website Anda menjadi lebih cepat yang tentunya dapat meningkatkan user experience pengunjung Anda.

WordPress sendiri merekomendasikan untuk menggunakan CDN seperti Cloudflare pada panduan pengoptimalan kecepatan website mereka.

Yang saya suka dari SiteGround adalah mereka menyediakan fitur untuk mengaktifkan Cloudflare CDN hanya dengan 1-klik tanpa perlu melakukan pengaturan rumit, yang mana fitur ini jarang ditemukan di provider hosting lain.

SiteGround Cloudflare 1-Click

Gratis Migrasi Hosting

Apakah Anda saat ini sudah memiliki website yang dihosting di tempat lain? Dan berencana untuk mentransfer website Anda ke SiteGround?

Jangan khawatir, SiteGround akan mentransfer website Anda dari web hosting Anda yang sebelumnya ke server hosting mereka tanpa biaya alias gratis (kecuali untuk paket StartUp).

SiteGround Gratis Migrasi Hosting

Mereka juga menjamin website Anda tidak akan mengalami down ketika proses migrasi hosting sedang berlangsung.

Pilih Lokasi Server Sendiri

Salah satu alasan mengapa waktu respon server SiteGround bisa sangat cepat adalah karena mereka memiliki beberapa data center yang berlokasi di lokasi strategis di seluruh dunia. Semakin dekat jarak dari sebuah server hosting, nilai latensi akan menjadi lebih rendah dan data bisa disajikan dengan lebih cepat.

Ketika Anda mendaftar, Anda akan diberikan opsi untuk memilih lokasi server yang Anda inginkan.

SiteGround 4 Data Center

SiteGround memiliki 4 lokasi data center yang terletak di:

  • Chicago, US (terbaik untuk target pengunjung Amerika Utara, Amerika Selatan, Afrika)
  • London, UK (terbaik untuk target pengunjung Eropa, Rusia)
  • Amsterdam, NL (terbaik untuk target pengunjung Eropa, Rusia)
  • Singapore, SG (terbaik untuk target pengunjung Australia, New Zealand, Asia, Asia Tenggara)

Anda yang memiliki website dengan target pengunjung lokal Indonesia tidak perlu khawatir jika menggunakan SiteGround, karena Anda bisa memilih lokasi server Singapura.

 

back to menu ↑

Layanan Pelanggan (Customer Support)

Technical Support 24 Jam

Salah satu layanan yang sangat penting dan harus tersedia dalam provider hosting adalah Customer Support yang selalu siap sedia selama 24 jam untuk membantu pelanggan yang sedang mengalami kendala dalam hostingnya.

SiteGround menyediakan beberapa opsi bagi pelanggan untuk menjangkau customer support dengan mudah yaitu melalui tiket bantuan, live chat dan telepon.

Pengalaman saya bersama SiteGround adalah FANTASTIS!

Saya mencoba menggunakan live chat untuk menghubungi salah satu customer support mereka. Hanya dalam waktu 11 detik saja, tim support mereka yang ramah dan berpengalaman terhubung dengan saya. Lalu, saya pun mulai membombardirnya dengan berbagai pertanyaan seperti:

  • Bagaimana cara mengubah nameserver domain saya?
  • Bagaimana cara membuat alamat email untuk domain saya?
  • Bagaimana cara menjaga inbox email saya terbebas dari spam?

Sungguh luar biasa! SiteGround adalah satu-satunya provider hosting yang saya uji dan mendapatkan skor 10 dari 10 atau sempurna untuk layanan support.

SiteGround Respon Live Chat

Pertimbangkan juga bagaimana mereka bisa memproses 1.500+ tiket bantuan, 3.000+ permintaan chatting, dan 1.000+ panggilan telepon setiap harinya.

Lebih dari 230 orang karyawan (hampir setengah jumlah total karyawan) di SiteGround bekerja di divisi customer support hanya untuk memastikan bahwa klien mereka mendapatkan pelayanan dengan baik dan support dihadirkan dalam tiga bahasa – Inggris, Spanyol dan Italia.

Video berikut menggambarkan bagaimana cara kerja customer support SiteGround:

Beberapa testimoni positif dari para pelanggan mengenai customer support SiteGround:

SiteGround Customer Support Feedback Twitter

Dokumentasi yang Lengkap

Selain fasilitas support yang memadai, sebuah provider hosting selayaknya menyediakan dokumentasi yang lengkap mengenai tata cara penggunaan hosting yang diberikan. Dokumentasi juga seharusnya meliputi pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan sehingga pengguna yang mengalami kendala dapat menyelesaikan masalahnya sendiri dengan lebih cepat tanpa perlu menghubungi customer support.

SiteGround menyediakan halaman Pengetahuan Dasar yang merupakan sebuah portal berisi tutorial-tutorial dasar yang sangat membantu pengguna.

SiteGround Panduan Dasar

Saya sudah memeriksa portalnya dan memang sangat lengkap (paling lengkap diantara semua provider hosting yang saya ulas). Ada ratusan panduan dan tutorial yang bisa Anda pelajari guna mendapatkan pemahaman yang luas mengenai seluk-beluk hosting mereka.

Garansi 30 Hari Uang Kembali

SiteGround menawarkan garansi uang kembali selama 30 hari jika Anda tidak memperoleh kualitas layanan hosting seperti yang dijanjikan. Anda hanya perlu melaporkan keluhan atau komplain Anda, lalu pihak SiteGround akan melakukan cek pada komplain tersebut, jika terbukti maka uang Anda akan dikembalikan dalam beberapa hari.

Kunjungi SiteGround

 

back to menu ↑

Harga Paket yang Ditawarkan

Murah itu tentunya relatif dan harus dibandingkan dengan fasilitas yang didapatkan.

Paket Shared Hosting SiteGround

Cocok digunakan untuk website kelas kecil hingga menengah.

SiteGround Shared Hosting Harga

  • StartUp – Untuk pemula yang hanya memiliki satu website untuk dihosting.
  • GrowBig – Paket yang paling banyak digunakan oleh pengguna, karena selain dapat menghosting banyak website, paket ini juga menawarkan fitur dan harga yang seimbang.
  • GoGeek – Biasanya digunakan oleh pengguna yang benar-benar menginginkan fitur-fitur tambahan yang tidak didapat dari paket StartUp & GrowBig.

Paket Cloud Hosting SiteGround

Cocok digunakan untuk website yang sudah berkembang pesat dan membutuhkan sumber daya besar.

SiteGround Cloud Hosting Harga

Paket Dedicated Hosting SiteGround

Cocok untuk mereka yang ingin memanajemen server sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

SiteGround Dedicated Hosting Harga

Paket Enterprise Hosting SiteGround

Cocok untuk mereka yang membutuhkan server dengan kustomisasi khusus.

SiteGround Enterprise Hosting

Kunjungi SiteGround

 

back to menu ↑

Kekurangan Dari SiteGround

Disamping banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh SiteGround, ada beberapa kekurangan yang perlu untuk Anda ketahui. Diantaranya adalah:

Kapasitas Penyimpanan yang Terbatas

SiteGround Penyimpanan Shared Hosting

Dibandingkan dengan provider hosting lainnya, SiteGround memiliki ukuran storage yang lebih kecil, untuk paket StartUp mendapatkan storage SSD 10GB. Jadi, jika kapasitas penyimpanan adalah prioritas utama Anda, maka hal ini perlu untuk dipertimbangkan.

Namun, jika Anda baru memulai, paket StartUp dengan space 10GB saja sudah lebih dari cukup.

Nanti, ketika pertumbuhan website Anda sudah mulai meningkat dan Anda membutuhkan resource yang lebih besar, Anda dapat dengan mudah mengupgrade paket hosting Anda.

Tidak Ada Gratis Domain

Domain menjadi persyaratan wajib yang harus dimiliki ketika membeli sebuah paket hosting. Jadi, sudah sepantasnya jika provider hosting menyertakan gratis domain saat pembelian salah satu paket hostingnya.

Namun sayang sekali SiteGround tidak memberikan gratis domain di semua pembelian paket hostingnya.

Harga Renewal Paket Hosting Cukup Mahal

Harga pembelian paket hosting SiteGround bisa dikatakan tidak murah dan juga tidak mahal. Terutama jika mengacu pada biaya renewal/perpanjangan.

Ketika Anda membeli paket hosting di SiteGround, Anda akan mendapatkan harga diskon. Misalnya, untuk pembelian paket StartUp, Anda akan mendapatkan harga $3.95 per bulan. Tapi ketika renewal, harga akan kembali normal di kisaran $11.95 per bulan.

Selisihnya bisa 3x lipat. Tapi jika dibandingkan dengan fasilitas yang didapat, harga tersebut sangat amat sepadan.

Untuk memaksimalkan diskon yang diberikan, saya menyarankan Anda untuk membeli paket hosting dengan durasi berlangganan paling lama (2-3 tahun), karena saya yakin Anda tidak akan kecewa dengan performa, fitur dan support yang diberikan oleh SiteGround.

Ada “Setup Fee” Untuk Pembelian Bulanan

Bagi Anda yang berencana untuk melakukan “trial” terlebih dahulu, atau bagi Anda yang berencana untuk membayar hosting secara bulanan.

Saya sarankan jangan!

Karena SiteGround memberikan biaya setup yang cukup mahal untuk pembelian bulanan, yaitu $14.95.

SiteGround Setup Fee

Saya pikir Anda tidak perlu takut untuk menggunakan layanan hosting SiteGround, karena saya jamin Anda tidak akan pernah kecewa dengan mereka.

Disamping itu, SiteGround juga memberikan garansi uang kembali selama 30 hari, jika Anda kecewa dengan mereka karena tidak mendapatkan layanan seperti yang dijanjikan.

Metode Pembayaran Kurang Lengkap

Secara default, SiteGround hanya menerima pembayaran melalui kartu kredit.

Hal ini tentu saja bagi sebagian besar orang Indonesia termasuk saya sendiri menjadi sebuah permasalahan, karena kartu kredit belumlah banyak digunakan sebagai alat pembayaran ketika membeli sesuatu.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda masih bisa membayar hosting menggunakan saldo PayPal dengan sangat mudah, dan prosesnya cepat, biasanya hanya 5-10 menit saja.

Untuk memudahkan Anda, silahkan ikuti tutorial di bawah ini!

 

back to menu ↑

Cara Membeli Paket Hosting SiteGround

Agar Anda tidak bingung, saya akan memandu Anda dalam proses pembelian paket hosting di SiteGround.

Proses ini biasanya hanya membutuhkan waktu 5-10 menit saja, saya sudah mencobanya berkali-kali.​

1. Kunjungi situs SiteGround resmi dengan mengklik tombol di bawah ini:

Kunjungi SiteGround

2. Pilih salah satu tipe hosting yang Anda inginkan. Lalu klik “Get Started”.

SiteGround Beli Hosting Langkah 1

3. Pilih paket hosting yang sesuai kebutuhan Anda. Di sini saya mengambil paket “GrowBig”, lalu klik “Get Started”.

SiteGround Beli Hosting Langkah 2

4. Masukkan nama domain Anda, namun apabila Anda sudah mempunyai nama domain sendiri sebelumnya, pilih opsi “I already have a Domain”. Lalu klik “Proceed”.

SiteGround Beli Hosting Langkah 3

5. Isi informasi akun Anda dengan benar, mulai dari email, password hingga alamat rumah.

SiteGround Beli Hosting Langkah 4

Perhatikan bagian yang di (*), itu adalah bagian yang wajib Anda isi.

6. Kosongkan semua form pada bagian “Payment Information”.

SiteGround Beli Hosting Langkah 5

Anda tidak membutuhkan bagian ini, karena Anda akan melakukan pembayaran menggunakan PayPal. Tidak perlu khawatir, Anda akan dipandu oleh CS SiteGround dalam proses pembayarannya.

7. Kemudian isi form “Purchase Information” seperti berikut ini:

SiteGround Beli Hosting Langkah 6

Cek kembali seluruh informasi pembelian Anda, mulai dari plan, data center (apabila target pengunjung Anda adalah Indonesia, pilih lokasi server Singapura karena jarak yang lebih dekat), dan period (saran saya Anda mengambil 2-3 tahun untuk memaksimalkan diskon yang didapat).

Anda tidak perlu menceklist “Extra Services”, karena pada umumnya Anda tidak memerlukannya.

8. Centang “I confirm that I have read….” lalu klik “Pay Now”.

SiteGround Beli Hosting Langkah 7

Jangan khawatir jika setelah mengklik tombol “Pay Now” Anda akan mendapatkan error. Pada dasarnya ini hanya diperlukan untuk memberi signal kepada CS SiteGround bahwa Anda sedang melakukan order.

Saya sudah melakukan order berkali-kali menggunakan cara ini, jadi jangan takut.

Setelah mendapatkan pesan error, silahkan lanjut ke langkah berikutnya.

9. Hubungi CS SiteGround dengan mengikuti langkah berikut:

Sorot menu “Help” yang terletak di bagian paling atas sebelah kanan halaman, kemudian klik “Log In For Support”. Masukkan email dan password yang sama dengan yang Anda gunakan pada saat pengisian form pembelian hosting sebelumnya, lalu klik “Sign In”.

SiteGround Beli Hosting Langkah 8

Setelah Anda masuk ke halaman Support Dashboard, klik link “Proceed to contact us here” yang terletak di bagian bawah halaman.

SiteGround Beli Hosting Langkah 9

Lalu akan muncul pilihan menu baru, pilih “Report Other Billing Issues” yang berada di bagian Billing Assistance.

SiteGround Beli Hosting Langkah 10

Di bagian form “Describe Your Request”, Anda dapat menulis seperti ini:

I just filled out the signup forms for my account, I leave the payment information empty because I want to pay through PayPal, please guide me for this.

Setelah Anda selesai menulis jangan lupa untuk mengklik tombol “Continue”.

10. Anda akan dipandu dalam proses pembayaran yang biasanya hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. Lalu mereka akan mengirimkan Anda link payment dengan menggunakan PayPal seperti ini:

SiteGround Beli Hosting Langkah 11

Anda hanya perlu mengklik tombol “Pay Now” untuk memproses pembayaran menggunakan saldo PayPal Anda.

9.5 Total Score
Outstanding

SiteGround memiliki uptime sempurna dan load time lebih cepat dari rata-rata hosting lainnya. Fitur yang ditawarkan juga sangat lengkap. Ditambah customer support yang sangat responsif dan berpengalaman. SiteGround adalah salah satu yang terbaik di dunia saat ini.

9.5Expert Score
Performa
9.8
Fitur
9.5
Kemudahan
9.5
Support
10
Harga
8.5
9.6User's score
Performa
10
Fitur
9.6
Kemudahan
10
Support
10
Harga
8.6
PROS
  • Rekomendasi WordPress, Joomla & Drupal.
  • #1 di berbagai polling Facebook.
  • Skor sempurna dari banyak situs review top.
  • Teknologi speed yang mutakhir.
  • Rata-rata uptime mengesankan (99,99%).
  • Rata-rata load time sangat cepat (470ms).
  • Waktu respon server dibawah 200ms.
  • Menyediakan bandwith unlimited.
  • Fitur lengkap, mulai dari Email, Softaculus, Cloudflare, FTP, CronJobs, SSH, dll.
  • Menggunakan PHP versi terbaru.
  • Supercacher + SG Optimizer.
  • Keamanan server terjamin.
  • cPanel lengkap dan user-friendly.
  • Gratis Weebly Website Builder.
  • Mendapatkan gratis SSL.
  • Gratis backup website harian.
  • Auto managed WordPress hosting.
  • Fitur eCommerce lengkap.
  • Gratis migrasi hosting.
  • Pilih lokasi server sendiri.
  • Customer support cepat dan ramah (24/7).
  • Dokumentasi sangat lengkap.
  • Garansi 30 hari uang kembali.
CONS
  • Kapasitas penyimpanan yang terbatas.
  • Tidak mendapatkan gratis domain.
  • Harga renewal paket hosting cukup mahal.
  • Ada "Setup Fee" untuk pembelian bulanan.
  • Metode pembayaran kurang lengkap.
Add your review  |  Read reviews and comments
3 Comments
Show all Most Helpful Highest Rating Lowest Rating Add your review
  1. 5
    Performa
    100
    Fitur
    100
    Kemudahan
    100
    Support
    100
    Harga
    100

    Setiap kali saya membutuhkan bantuan, saya mendapatkan semua yang saya butuhkan melalui dukungan live chat SiteGround. Mereka sangat responsif, berpengalaman dan selalu berhasil menyelesaikan semua permasalahan saya. Mereka juga selalu konsisten memberikan uptime dan performa yang luar biasa. Puasss sekali!!!

    Helpful(1) Unhelpful(0)You have already voted this
  2. 4.8
    Performa
    100
    Fitur
    100
    Kemudahan
    100
    Support
    100
    Harga
    80

    Dari pengalamanku selama bertahun-tahun menggunakan SiteGround, memang kuakui hosting ini adalah yang terbaik yang pernah kugunakan. Uptime, performa, fitur, support, semuanya sempurna. Cuman harga berlangganannya menurutku cukup mahal apabila dibandingkan dengan provider hosting lain.

    Helpful(1) Unhelpful(0)You have already voted this
  3. 4.7
    Performa
    100
    Fitur
    90
    Kemudahan
    100
    Support
    100
    Harga
    80

    Saya memindahkan website saya ke SiteGround di awal tahun 2017 dan saya sangat terkesima dengan support dan keandalan mereka, sehingga saya saat ini menggunakan paket shared hosting termahal “GoGeek”. Kinerja website saya membaik setelah pindah dari Bluehost dan tim support mereka membantu segalanya untuk saya.

    Saya sangat merekomendasikan SiteGround bagi Anda yang sedang mencari hosting yang dapat diandalkan dan memiliki layanan support luar biasa.

    Helpful(2) Unhelpful(0)You have already voted this

Leave a reply

Your total score